PROGRAM
KERJA OSIS
PEMERINTAH KABUPATEN LUMAJANG
DINAS PENDIDIKAN
SMP NEGERI 1 PRONOJIWO
Alamat :
Jalan Raya Pronojiwo Kec. Pronojiwo Kab. Lumajang Telp. (0334) 590023
PROGRAM
KERJA
PENGELOLAAN
SISWA
PEMBINA
OSIS
TAHUN
PELAJARAN 2019/2020
MUQADDIMAH
A.
LATAR BELAKANG
Upaya peningkatan mutu kualitas Sumber Daya Manusia yang cerdas,
terampil, berbudaya, cinta lingkungan yang berdasarkan iman dan taqwa merupakan
tuntutan dari perkembangan zaman pada saat ini. Oleh karena itu upaya
peningkatan SDM ini harus diprogramkan secara terstruktur, berkesinambungan,
dilaksanakan dengan sungguh-sungguh sesuai yang direncanakan dan di evaluasi
secara berkala. Hal ini menjadi semakin penting karena perubahan-perubahan
akibat perkembangan ilmu pegetahuan dan teknologi (Iptek) serta komunkasi
menjadi semakin tidak kentara.
Salah satu bagian yang penting dalam upaya tersebut adalah sekolah
sebagai fungsi pendidikan berkewajban untuk mengembangkan kemampuan serta
membentuk watak dan kepribadian bangsa yang bermartabat, khususnya generasi
muda sebagai penerus cita-cita perjuangan bangsa dan sumber insani bagi pembangunan
nasional. Kompetensi penyelenggaraan pendidikan yang mengacu pada kompetensi
siswa yang diarahkan pada kompetensi multi intelegensi sangatlah diharapkan.
Oleh karena itu Upaya pengembangan Potensi Diri Peserta Didik sangat diperlukan
dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional.
B.
TUJUAN
1. Mengembangkan
seluruh potensi peserta didik secara maksimal, baik potensi akademik maupun non
akademik.
2. Menyiapkan
warga negara menuju masyarakat belajar yang cerdas dan memahami nilai-nilai
masyarakat yang beradab.
3. Menemukan
dan memunculkan potensi-potensi yang ada pada diri peserta didik sehingga
timbul kecakapan hdup (life skiill) yang bermanfaat bagi dirinya dan
masyarakat.
4. Memberikan
kemampuan minimal untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi dan
hidup bermasyarakat
5. Menumbuhkan
daya tangkal pada diri peserta didik terhadap pengaruh negatif yang datang dari
luar maupun dari dalam lingkungan sekolah
6. Meningkatkan
kemampuan peserta didik sebagai anggota masyarakat dalam mengadakan hubungan
timbal balik dengan lingkungan sosial, budaya dan alam sekitar.
7. Meningkatan
apresiasi dan penghayatan seni.
8. Menumbuhkan
sikap berbangsa dan bernegara dengan berdasarkan Pancasila.
9. Meningkatkan
kesegaran jasmani dan daya kreasi siswa untuk memantapkan keseimbangan antara
pertumbuhan jasmani dan rohani.
C.
RUANG LINGKUP PEMBINAAN KESISWAAN
1.
Program Pembinaan Kesiswaan
(OSIS)
2.
Program Pembinaan Ekstrakurikuler
3.
Program Unggulan Akademik dan Non
Akademik.
D.
SASARAN PEMBINAAN
Sasaran
Pembinaan adalah upaya penyelamatan dan pemberdayaan Potensi Diri peserta didik
kelas VII, VIII dan IX SMP Negeri 1 Pronojiwo Tahun Pelajaran 2019/2020
E.
HASIL YANG DIHARAPKAN
1. Mampu
melahirkan SDM yang memiliki keimanan, ketaqwaan, berkualitas, kompetitif,
berdedikasi, mandiri dan profesional.
2. Mampu
meningkatkan prestasi sesuai bakat dan minat peserta didik.
3. Mampu
meningkatkan pelayanan pendidikan kepada peserta didik melalui jalur pembinaan
penyelamatan dari bahaya perilaku menyimpang di kalangan peserta didik dan
jalur pemberdayaan potensi diri
F.
STRATEGI PEMBINAAN
1. Melakukan
koordinasi dengan Pihak terkait
2. Difasilitasi
dan dibimbing oleh :
a.
Guru Mata Pelajaran
b.
Guru Bimbingan Karir (BK)
c.
Pembina OSIS
d.
Pembina Ekstrakurikuler
e.
Pelatih
3. Berkoordinasi
dengan guru BK untuk memberikan pelayanan Konseling
URAIAN DAN MEKANISME PEMBINAAN KESISWAAN
Seperti
dikemukakan pada bagian terdahulu bahwa upaya pembinaan kesiswaan, terbagi
menjadi 3 lingkup pembinaan yaitu :
1.
Program Pembinaan OSIS
2.
Program Pembinaan Ekstrakurkuler
3.
Program Unggulan Akademik dan Non
Akademik.
A. PROGRAM PEMBINAAN OSIS
1. Pengertian
Satu-satunya wadah organisasi peserta didik di sekolah untuk mencapai
tujuan pembinaan dan pengembangan kesiswaan adalah Organisasi Siswa Intra
Sekolah disingkat OSIS. OSIS bersifat intra sekolah, artinya tidak ada hubungan
organisatoris dengan OSIS di sekolah lain, dan tidak menjadi Bagian dari
organisasi lain yang ada di luar sekolah. Karena OSIS merupakan wadah
organisasi peserta didik di sekolah. Oleh karena itu setiap peserta didik
secara otomatis menjadi anggota OSIS. Keanggotaan itu secara otomatis berakhir
dengan keluarnya peserta didik dari sekolah yang bersangkutan.
2. Tujuan
Organisasi ini bertujuan mempersiapkan peserta didik sebagai kader
penerus cita-cita perjuangan bangsa dan sumber insani pembangunan nasional,
untuk :
a.
Mengembangkan potensi peserta
didik secara optimal dan terpadu yg meliputi bakat, minat, dan kreativitas;
b.
Memantapkan kepribadian peserta
didik untuk mewujudkan ketahanan sekolah sebagai lingkungan pendidikan
sehingga terhindar dari usaha dan pengaruh negatif dan bertentangan dengan
tujuan pendidikan;
c.
Mengaktualisasikan potensi
peserta didik dalam pencapaian prestasi unggulan sesuai bakat dan minat;
d.
Menyiapkan peserta didik agar
menjadi warga masyarakat yang berakhlak mulia, demokratis, menghormati hak-hak
asasi manusia dalam rangka mewujudkan masyarakat madani (civil society).
(Permendiknas No 39 Tahun 2008, Bab I pasal 1)
3. Materi Pembinaan
Materi pembinaan kesiswaan (OSIS) mencakup :
a.
Pembinaan ketaqwaan terhadap
Tuhan yang Maha Esa
b.
Pembinaan Budi Luhur atau Akhlak
Mulia
c.
Pembinaan Kepribadian Unggul,
wawasan kebangsaan, dan bela Negara
d.
Pembinaan Prestasi akademik,
seni, dan/atau olah raga sesuai bakat dan minat
e.
Pembinaan Demokrasi, hak asasi
manusia, pendidikan politik, lingkungan hidup, kepekaan dan toleransi sosial
dalam konteks masyarakat plural.
f.
Pembinaan kreativitas
keterampilan dan kewiraswastaan
g.
Pembinaan kualitas jasmani,
kesehatan dan gizi berbasis sumber gizi yang terdiversifikasi.
h.
Pembinaan sastra dan budaya.
i.
Pembinaan teknologi informasi dan
komunikasi (TIK)
j.
Pembinaan komunikasi dalam bahasa
inggris.
4. Perangkat OSIS
Perangkat
OSIS terdiri dari :
a. Pembina
OSIS
b. Perwakilan
kelas
c. Pengurus
OSIS
d. Anggota
OSIS
5. Rincian dan tugas Perangkat
OSIS
a. Pembina OSIS
Perangkat
Osis ini dibina oleh seorang guru yang ditunjuk sebagai Guru Pembina Osis. Pembina
OSIS bertanggung jawab atas seluruh pengelolaan, pembinaan dan pengembangan
OSIS di sekolah.
Rincian
tugas pembinan OSIS adalah :
1)
Bertanggung jawab atas seluruh
pembinaan dan pengembangan OSIS di sekolah
2)
Memberikan nasihat kepada
perwakilan kelas dan pengurus.
3)
Mengesahkan keanggotaan
perwakilan kelas dengan surat keputusan kepala sekolah.
4)
Mengesahkan dan melantik pengurus
OSIS denga surat keputusan kepala sekolah.
5)
Mengarahkan penyusunan anggaran
rumah tangga dan program kerja OSIS.
6)
Menghadiri rapat-rapat OSIS
7)
Mengadakan evaluasi terhadap
pelaksanaan tugas OSIS
b. Perwakilan Kelas
1)
Perwakilan kelas terdiri atas
wakil-wakil kelas. Setiap kelas diwakili oleh 2 (dua) orang siswa.
2)
Perwakilan kelas bertugas memilih
pengurus OSIS, mengajukan usul-usul untuk dijadikan
3)
program kerja OSIS dan menilai
laporan pertanggungjawaban pengurus OSIS pada akhir masa jabatannya.
4)
Perwakilan kelas bertanggung
jawab langsung kepada Pembina OSIS
5)
Masa jabatan perwakilan kelas
selama 1 tahun ajaran.
6)
Rincian tugas perwakilan kelas
adalah :
a)
Mewakili kelasnya dalam rapat
perwakilan kelas
b)
Mengajukan usul kegiatan untuk
dijadikan program kerja OSIS
c)
Mengajukan calon pengurus OSIS
berdasarkan hasil-hasil rapat kelas.
d)
Memilih pengurus OSIS dan daftar
calon yang telah disiapkan.
e)
Menilai laporan
pertanggungjawaban dan segala tugas pengurus Osis pada akhir masa jabatannya.
f)
Menyusun Anggaran Rumah Tangga.
c. Pengurus OSIS
Pengurus OSIS terdiri atas :
Seorang
ketua dan seorang wakil ketua
1) Dua orang
sekretaris
2) Dua orang
bendahara
3) Sembilan orang ketua seksi yaitu
:
a)
Seksi I :
Pembinaan Ketaqwaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa
b) Seksi II : Seksi Sosial
c)
Seksi III :
Seksi Pendidikan
d)
Seksi IV :
Seksi Bela Negara dan Upacara
e) Seksi V : Seksi Persepsi Daya Kreasi Seni(Acara
& Seni)
f)
Seksi VI.
Seksi ketrampilan dan Kewirausahaan (Usaha dan Dana)
g)
Seksi VII.
Seksi kesegaran jasmani dan daya kreasi (Olahraga)
h) Seksi VIII. Ketertiban dan Kebersihan Lingkunga
Sekolah
i) Seksi IX. Seksi Kelompok
Siaga Bencana Sekolah (KSBS)
d. Pembinaan Seksi :
Seksi I : Pembinaan Ketaqwaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa
Tugas:
1. Merencanakan progam kerja OSIS
yang berkaitan dengan ketaqwaan
2. Melaksanakan ibadah sesuai
dengan ketentuan agama masing-masing
3. Memperingati hari-hari besar
agama
4. Mengadakan dan mengikuti
kegiatan lomba yang bersifat keagamaan
5. Mengevaluasi hasil kerja
progam yang telah dilaksanakan dalam format tertentu
6. Membuat Laporan Hasil Kerja
dan diserahkan kepada Penanggung jawab seksi
7. Dan kegiatan lainnya yang
berkaitan dengan ketaqwaan.
Seksi II : Seksi Sosial
Tugas:
1. Merencanakan progam kerja OSIS
yang berkaitan dengan kegiatan sosial
2. Melaksanakan bakti
sosial/masyarakat
3. Melaksanakan kegiatan amal /
bakti sosial
4. Mengevaluasi hasil kerja
progam yang telah dilaksanakan dalam format tertentu
5. Membuat Laporan Hasil Kerja
dan diserahkan kepada Penanggung jawab seksi
6. Dan kegiatan lain yang berkaitan
dengan kegiatan sosial
Seksi III : Seksi Pendidikan
Tugas:
1. Merencanakan progam kerja OSIS
yang berkaitan dengan pendidikan
2. Membantu pihak sekolah dalam
melaksanakan pembinaan tata krama siswa
3. Mengadakan Lomba yang
berkaitan dengan Pendidikan
4. Mengevaluasi hasil kerja
progam yang telah dilaksanakan dalam format tertentu
5. Membuat Laporan Hasil Kerja
dan diserahkan kepada Penanggung jawab seksi
Seksi IV : Seksi Bela Negara dan Upacara
Tugas:
1. Merencanakan progam kerja OSIS
yang berkaitan dengan kegiatan bela negara
2. Melaksanakan upacara bendera
setiap hari Senin pagi dan hari-hari besar Nasional
3. Melaksanakan tata tertib
sekolah
4. Melaksanakan baris-berbaris
5. Menyelenggarakan kegiatan yang
dapat membina persatuan dan kesatuan, memupuk rasa cina tanah air dan
nasionalisme
6. Mengevaluasi hasil kerja
progam yang telah dilaksanakan dalam format tertentu
7. Membuat Laporan Hasil Kerja
dan diserahkan kepada Penanggung jawab seksi
8. Dan kegiatan lainnya.
Seksi V : Seksi Persepsi Daya Kreasi Seni(Acara
& Seni)
Tugas:
1. Merencanakan progam kerja OSIS
yang berkaitan dengan Acara dan Seni
2. Mengadakan pentas seni
3. Menyelenggarakan lomba seni
dan budaya
4. Mengikuti berbagai perlombaan
seni
5. mengevaluasi hasil kerja
program yang telah dilaksanakan dalam format tertentu
6. membuat laporan hasil kerja
dan diserahkan kepada penanggung jawab seksi
Seksi VI. Seksi ketrampilan dan Kewirausahaan
(Usaha dan Dana)
1.
Merencanakan program kerja
osis yang berkaitan dengan kewirausahaan
2.
Meningkatkan usaha-usaha
yang berhubungan dengan KOPSIS
3.
Mengadakan diskusi
kewirausahaan siswa
4.
Melatih ketrampilan siswa
seperti membuat stiker, kalender kegiatan dll
5.
Membuat laporan hasil
kerja dan diserahkan kepada penanggung jawab seksi
Seksi VII. Seksi kesegaran jasmani dan daya
kreasi (Olahraga)
1.
Merencanakan program kerja
osis yang berkaitan dengan olahraga
2.
Menyelenggarakan lomba
olahraga di lingkungan sekolah
3.
Membantu pihak sekolah
dalam usaha pencegahan penyalah gunaan narkoba dan miras
4.
Bekerja sama dengan BK
mengadakan penyuluhan NAPZA dan pergaulan remaja di lingkungan sekolah
5.
mengevaluasi hasil kerja
program yang telah dilaksanakan dalam format tertentu
6.
membuat laporan hasil
kerja dan diserahkan kepada penanggung jawab seksi
Seksi
VIII. Seksi Ketertiban dan Kebersihan Sekolah
1.
Membuat Program Kebersihan
lingkungan sekolah
2.
Membuat jadwal Petugas
Kebersihan Kelas
3.
mengevaluasi hasil kerja
program yang telah dilaksanakan dalam format tertentu
4.
membuat laporan hasil
kerja dan diserahkan kepada penanggung jawab seksi
Seksi IX. Seksi Kelompok Siaga Bencana
Sekolah (KSBS)
1.
Merencanakan program kerja
osis yang berkaitan dengan siaga bencana sekolah
2.
Melaksanakan kegiatan yang
dapat menumbuhkan rasa kecintaan terhadap alam
3.
Memeliharan keindahan dan
kelestarian lingkungan sekolah dan masyarakat
4.
mengevaluasi hasil kerja
program yang telah dilaksanakan dalam format tertentu
5.
membuat laporan hasil
kerja dan diserahkan kepada penanggung jawab seksi
Syarat Pengurus OSIS
a) Taqwa
terhadap Tuhan Yang Maha Esa
b) Mermiliki
budi pekerti luhur dan sopan santun terhadap orang tua, guru, dan teman
c) Memiliki
bakat sebagai pemimpin siswa
d) Memiliki
kemauan, kemampuan, dan pengetahuan yang memadai
e) Dapat
mengatur waktu dengan sebaik-baiknya, sehingga pelajarannnya tidak terganggu
karena menjadi pengurus OSIS
f) Pengurus
dicalonkan oleh perwakilan kelas
Khusus untuk ketua OSIS , ditambah persyaratan :
a) Mempunyai
kemampuan berpikir yang jernih
b) Memiliki
wawasan mengenai kondisi yang sedang dihadapi bangsanya.
c) Tidak
duduk di kelas terakhir, karena akan menghadapi ujian Nasional.
Rincian
Tugas Pengurus OSIS
a) bertugas
menyusun dan melaksanakan program kerja OSIS sesuai dengan AD ART
b) menyampaikan
laporan pertangungjawaban kepada rapat perwakilan kelas pada akhir masa
jabatannya.
c) Bertanggung
jawab langsung kepada perwakilan kelas dan pembina OSIS.
d) Mempunyai
masa kerja selama satu tahun pelajaran.
Anggota OSIS
Anggota OSIS
a) Anggota
OSIS secara otomatis adalah siswa yang masih aktif belajar pada sekolah yang
bersangkutan
b) Anggota
OSIS tidak memerlukan kartu anggota
c) Keanggotan
berakhir apabila siswa yang bersangklutan tidak menjadi siswa lagi di sekolah
tersebut, atau meninggal dunia
Setiap
anggota mempunyai hak :
a) Mendapat
perlakuan yang sama sesuai bakat, minat dan kemampuannya
b) Memilih
dan dipilih sebagai perwakilan kelas atau pengurus.
c) Bicara
secara lisan maupun tertulis.
6. Forum Organisasi
Rapat-rapat
1. Rapat Pleno perwakilan kelas adalah rapat yang
dihadiri seluruh anggota perwakilan kelas.
Rapat ini
diadakan untuk :
a) Persiapan
tata cara pemilihan ketua, seorang wakil ketua dan seorang sekretaris
b) Pencalonan
pengurus OSIS
c) Pemilihan
pengurus OSIS
d) Penilaian
laporan pertanggungjawaban pemgurus OSIS pada akhir masa jabatan.
Acara , waktu dan temnpat rapat
dikonsultasikan dengan pembina OSIS
2. Rapat pengurus
a) Rapat
pleno pengurus adalah rapat yang dihadiri seluruh anggota pleno pengurus OSIS
b) Rapat
pengurus harian adalah rapat pengurus yang dihadiri oleh ketua, wakil ketua,
sekretaris, bendahara dan wakil ketua, sekretaris, bendahara dan wakil
bendahara untuk membicarakan dan mengkoordinasikan pelaksanaan pekerjaan
sehari-hari.
c) Rapat
koordinasi adalah rapat yang dihadiri oleh salah seorang wakil ketua I,
sekretaris, wakil sekretaris I, bendahara dan seksi I sampai dengan seksi VIII.
7 . Sasaran/Target Pembinaan.
a) Meningkatkan
peran serta siswa dalam membina sekolah sebagai wawasan wiyata mandala sehingga terhindar dari usaha dan pengaruh
yang bertentangan dengan kebudayaan nasional
b) Menumbuhkan
daya tangkal pada diri siswa terhadap pengaruh negatf yang datang dari luar
maupun dari dalam lingkungan sekolah.
RINCIAN TUGAS DAN
KEWAJIBAN PENGURUS OSIS
Seksi I : Pembinaan Ketaqwaan Terhadap Tuhan
Yang Maha Esa
·
Peringatan Hari Besar Islam
·
Isra Mi’raj
·
Shalat Ied
·
Shalat Tarawih
·
Pesantren Kilat
·
Penyembelihan Kurban
·
Buka Puasa Bersama
·
Maulud Nabi Muhammad SAW
·
Pembinaan Spiritual
·
Shalat Dhuha Berjamaah
·
Sholat Dhuhur berjamaah
·
Kegiatan Tambahan
·
Bantuan Musibah dan Duka Cita
·
Bantuan Sumbangan Dana Bakti Sosial
2.
Seksi
II : Seksi Sosial
·
Melaksanakan Upacara
·
Upacara Rutin Hari Senin
·
Upacara Kesaktian Pancasila
·
Upacara Sumpah Pemuda
·
Upacara Hari Pahlawan
·
Upacara Hari Pendidikan Nasional
·
Upacara Hari Proklamasi
·
Upacara Hari Ulang Tahun SMP
·
Upacara Orientasi Siswa Baru
·
Upacara Hari Kebaktian Pancasila
·
Upacara Pelepas Siswa Kelas 3
·
Upacara Hari Kartini
·
Extrakurikuler
·
Paskibra – Pramuka
3.
Seksi
III : Seksi Pendidikan
·
Membantu Koordinator Seksi 2 Melakukan Upacara
·
Melakukan Lintas Alam
·
Ekstrakurikuler Pramuka
·
Perkemahan
·
OSIS
·
Pramuka
·
Paskibra
·
Hari Ulang Tahun Pramuka
4.
Seksi
IV : Seksi Bela Negara dan Upacara
·
Pelaksanaan MOS
·
Pemberian Materi Orientasi pada Siswa Baru
·
Melaksanakan Tata Krama Pergaulan
·
Pemberian Materi Tentang Tata Krama melalui Majalah Dinding
Bekerja Sama dengan Seksi 5
·
Pengumpulan Dan Pemberian Bantuan
·
Mengadakan Bakti Sosial (diluar sekolah)
·
Pemberian Sumbangan Kepada Siswa yang Orang Tuanya Telah
Meninggal Dunia
·
Pengumpulan Buku – Buku Bekas untuk Disumbangkan ke
Perpustakaan
5.
Seksi V
: Seksi Persepsi Daya Kreasi Seni(Acara & Seni)
·
Menyelenggarakan Majalah Dinding , membawahi ekskul Majalah
Dinding
·
Latihan Dasar Kepemimpinan
·
Nazar, bekerja sama dengan seksi 6
·
Pengadaan Kegiatan Baru Mading
·
Lomba keterampilan mengolah MADING
·
Ajang pencarian bibit-bi bit berprestasi akademik
6.
Seksi
VI. Seksi ketrampilan dan Kewirausahaan (Usaha dan Dana)
·
Meningkatkan Minat dan Peran Siswa
·
Koperasi
·
Piket Koperasi
·
Pembenahan Ruang Koperasi
·
Pembenahan Ruang Pokja Unit Produksi
·
Meningkatkan Keterampilan dan Menciptakan Sesuatu Yang lebih
Berguna
·
Bazar
·
Ekstrakurikuler
·
Klub Matematika
·
Klub Bahasa Inggris
7.
Seksi
VII. Seksi kesegaran jasmani dan daya kreasi (Olahraga)
·
Senam Jasmani
·
Class Meeting
·
Ekstrakurikuler
·
PMR
·
Basket
·
Volley
·
Sepak Bola
·
Pertandingan Persahabatan
·
Perkemahan PMR
·
Liga Futsal
8.
Seksi VIII. Seksi Ketertiban dan Kebersihan Sekolah
·
Jadwal Piket Perkelas
·
Jadwal Petugas Kebersihan
·
Petugas ketertiban bagi siswa yang melanggar peraturan
sekolah
·
Razia Sekolah, yang bekerja sama dengan Seksi 4 dan Guru BK
·
Pengarahan Tata Krama melalui Orientasi Siswa Baru
·
Mengadakan Razia Besar – Besaran untuk Meningkatkan Keamanan
Sekolah dan Kedisplinan Waktu
·
Perlombaan Kedisplinan Dan Kerapian Antarkelas
·
Meningkatkan Sikap Hormat Siswa pada Orang Tua, Guru, serta
sesama Teman di Lingkungan Sekolah dan Masyarakat
·
Penyuluhan Tentang Tata Krama pada Orang Tua, Guru, dan
Sesama Siswa
·
Pengarahan Tentang Bahaya Narkotika
·
Penyuluhan HIV / AIDS
9. Seksi
IX. Seksi Kelompok Siaga Bencana Sekolah (KSBS)
·
Bhakti social
·
Penghijauan
|
|
|
KEPALA URUSAN KESISWAAN PEMBINA OSIS
AHMAD
ZAINURI. S,Pd YOVI NUR ROHMAN. S,Pd.I M,Pd
NIP. 19930920 201903 1 007
Mengetahui
KEPALA SEKOLAH
YUSTINA
INDRAWATI. S,Pd
NIP.
19610826 198403 2 014
No comments:
Post a Comment