Monday, June 4, 2018

Model Management Mutu : Eourupen Quality Management

Model Management Mutu :
Eourupen Quality Management
Oleh:

Riz1i Miftakhudin Fauzi (16771047)

Mahasiswa Prodi Magister Pendidikan Agama Islam
Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

A.    PENDAHULUAN
1.      Latar Belakang
Sudah jamak di ketahui, bahwa hari ini bisa dikatakan dan diakui systempendidikan  berkiblat di eropa. Sekalipun hasil survei yang telah diluncurkan masih membawa dampak reaksi perdebatan pro dan kontra, namun kita patut memberikan apresiasi pada sistem pendidikan di eropa terlepas di perdebatan tersebut.
Sedikit sebagai contoh yang perlu kita kaji bersama adalah hasil penelitian yang dilakukan oleh Timo Lankinen yang berjudul Basic Education Reform in Filandia; How to Develop The Top Ranked Edcation System,[1]menyebutkan bahwa kemajuan system pendidikan di barat terkhusus di Finlandia dikarenaka adanya keterkaitan learning culture, ethos of thrust serta education system. Learning culture terkait dengan high standars for all, ethos of thrust terkait dengan supportive ethos, education system terkait dengan profesionalisme of teacher.Komponen-komponen tersebut berjalan seirama dengan apik.
Adapun fakta pendidikan nasional kita, mutu pendidikan (sebagai contoh pendidikan dasar dan menegah) masih belum sepenuhnya seperti yang diharapkan. Bukan dalam hal membandingkan dengan mutu pendidikan barat, namun disini kita perlu adanya kesadaran untuk koreksi bersama mutu pendidikan nasional kita agar lebih baik. Karena faktanya hasil pemetaan mutu pendidikan nasional tahun 2014 menunjukkan hanya berkisar 16% satuan pendidikan yang memenuhi standar nasional pendidikan (SNP).[2]
Padahal, peserta didik, orang tua dan masyarakat adalah pelanggan yang bebas menentukan pilihan yang tepat terhadap institusi mana yang layak memberikan jaminan terhdap masa depan anak-anaknya. Artinya, kualitas layanan baik dalam bentuk sarana prasarana, birokrasi, kurikulum, kecakapan tenaga pengarjar, kompetensi pimpinan dan karyawan sekolah, budaya serta lingkungan sekolah yang mendukung, akan memungkinkan suatu lembaga pendidikan dipercaya dan menjadi pilihan masyarakat.[3]
Persaingan global saat ini juga menuntut institusi untuk lebih memperhatikan kualitas produk dan proses terkait dengan pemasaran, operasi maupun fungsi-fungsi lain, bahkan sampai dengan penetapan strategi keuangan. Usaha perbaikan kualitas dapat diartikan sebagai pencapaian tujuan dengan membentuk strategi yang dimulai dari tahap kontrak desain teknis sampai dihasilkan produk, proses, jasa atau sistem yang sesuai dengan keinginan.[4]
Pada akhirnya, melirik pencapaian pendidikan di barat yang begitu pesat akan mutu yang selalu terjamin dan inovasi re-search-nya, tidak sedikit system pendidikan melalui penjaminan mutu di Indonesia mengimpor beberapa model penjaminan mutu sebagaimana yang diterapkan di barat. Hal ini bisa dilacak melalui mandat pada beberapa undang-undang sistem pendidikan nasional Indonesia.[5]
Adapun terkait model pejaminan mutu bagaimanakah yang baik dan tepat kiranya untuk bisa mendongkrak kualitas mutu pendidikan nasional kita saat ini? Quality award seringkali dipakai untuk melakukan self-assessment. Organisasi dapat memanfaatkan elemen-elemen dalam quality award untuk mengukur kemajuan dari implementasi manajemen kualitas. Hardjono menerangkan terdapat tiga model quality award yang secara luas diadopsi oleh perusahaan di dunia untuk melakukan pengukuran atau evaluasi diri, yaitu Deming Prize (Jepang), Malcolm Balridge National Quality Award (Amerika), dan European Quality Award (Eropa). Elemen yang digunakan dalam model-model tersebut memang berbeda, namun membagi konsep dan prinsip yang sama.[6]Diantara model-model tersebut ada istilah European Quality Management. Model inilah yang akan penulis kaji sebagai bentuk pengantar untuk mendalami model penjaminan mutu European Quality Management.

2.      Rumusan Masalah
Dalam pemaparan serta identifikasi latar belakang tersebut terlihat jelas bahwa perlu adanya kajian analisis terhadap European quality managemant. Maka penulis dapat mengambil rumusan masalah sebagai berikut:
1.    Bagaimana sejarah kemunculan european quality management?
2.    Apakelebihan european quality management?
3.    Bagaimana kriteria european quality management?
3.        Tujuan
Adapun arah tujuan penulisan makalah ini, penulis merinci kedalam tujuan-tujuan yang lebih khusus, yaitu:
1.      Untuk Menganalisis sejarah kemunculan european quality management?
4.    Untuk menganalisiskelebihan european quality management?
5.    Untuk menganalisis kriteria european quality management?
                                                             








B.     PEMBAHASAN
Secara umum dapat dikemukakan bahwa yang dimaksud dengan penjaminanmutu adalah perencanaan, penerapan, pengendalian, dan pengembangan standarmutu pendidikan secara konsisten dan berkelanjutan (continuous improvement-Kaizen) sehingga stakeholders baik internal maupun eksternalmemperoleh kepuasan.[7]
Adapun european quality managementadalah alat sederhana untuk membantu organisasi menerapkan sistem jaminan mutu dengan mengukur kinerja sistem tersebut dibandingkan dengan kondisi istimewa/idealnya; membantu organisasi dalam memahami perbedaan; dan menstimulasi solusi.[8]
European quality management menyediakan system mutu yang berfokus pada pemecahan solusi dalam rangka pencapaian perbaikan organisasi secara terus menerus berkelanjutan. Dengan demikian sebuah organisasi tidak akan beku dan tetap mengikuti kerangka pergerakan perkembangan zaman. Hal ini sangat akan membantu seorang manajer dalam memahami makna TQM dalam mengelola sebuah organisasi.
Hari ini, banyak kalangan mulai dari sector pendidikan, bisnis, organisasi lainnya beramai-ramai menerapkan europen quality management. Hal ini dalam rangka mengejar perbaikan kualitas mutu masing-masing sector. Melihat fenomena tersebut, saat ini terdapat organisasi nirlaba yang bernama European Founding for Quality Managemnt. Organisasi ini menyediakan beragam jaringan, dan pelatihan bagi para mana jer untuk mengikuti perkembangan trend terbaru dalam menejemen serta penelitian terkait total quality menejemen.

1.      Sejarah Kemunculan European Quality Management
EQA (The European Quality Award) adalah penghargaan kualitas regional yang diberikan untuk perusahaan-perusahaan di negara-negara Eropa, baik perusahaan kecil, menengah ataupun besar. EQA menduduki puncak dari puluhan penghargaan mutu regional dan nasional. Organisasi yang menerima perkenalan bergengsi ini mempertunjukkan keseluruhan kinerja yang berdasar pada keunggulan mereka. Adapun 16 negara yang terlibat saat ini adalah: Austria, Belgium, the Czech Republic, Denmark, Germany, Hungary, Ireland, Italy, Netherlands, Norway, Portugal, Russia, Slovenia, Spain, Turkey, dan UnitedKingdom.[9]
The European Quality Award atau Penghargaan Mutu Eropa diperkenalkan pada tahun Oktober 1991 dalam pertemuan Forum Manajemen Mutu Eropa (EFQM) di Paris. Forum tersebut merupakan organisasi baru yang dibentuk pada tahun 1988 oleh 14 perusahaan besar Eropa.[10] Adanya inisiatif pembentukan The European Foundation for Quality Management (EFQM) oleh 14 perusahaan besar ini tidak lain agar dengan adanya The European Quality Award (EQA) dapat mendorong perusahaan-perusahaan Eropa untuk berkompetisi di pasar global.[11] Sekarang jumlah perusahaan-perusahaan tersebut telah berkembang menjadi 170 perusahaan yang bertujuan untuk merangsang dan membantu perusahaan-perusahaan Eropa dalam mengembangkan mutu terpadu.
Komisi Eropa memainkan peran penting dalam pengembangannya. Tujuan dari Forum dan Penghargaan EQA tersebut adalah untuk mendorong perkembangan TQM. Penghargaan tersebut bertujuan untuk menghargai organisasi-organisasi yang memberikan perhatian besar terhadap mutu terpadu, dan mendorong yang lain untuk mengikuti percontohan mereka. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa misi dari EQA ialah:
1)      Mendukung manajemen perusahaan-perusahaan Eropa Barat dalam mempercepat proses penciptaan kualitas untuk mencapai keunggulan kompetitif global
2)   Membantu semua segmen dari masyarakat Eropa Barat untuk berpartisipasi dalam aktifitas perbaikan kualitas serta mengembangkn kultur kualitas.[12]
Penghargaan Mutu Eropa (EQA) bukanlah merupakan sebuah standar, melainkan sebuah hadiah dari sebuah kompetisi seperti halnya Deming Prize di Jepang dan Malcolm Bridrige Award di Amerika Serikat.[13] Penghargaan Mutu Eropa tersebut merupakan penghargaan tunggal tahunan yang diberikan pada eksponen TQM yang paling suskses di Eropa Barat.[14] EQA pertama kali diberikan pada tahun 1992, berlaku untuk semua jenis perusahaan, besar atau kecil, di segala sektor bisnis, asalkan telah beroperasi sekurang-kurangnya lima (5) tahun di Eropa Barat. EQA tidak berlaku bagi perusahaan pemerintah, perusahaan nirlaba, dan asosiasi perdagangan atau profesi.[15]
Di samping penghargaan EQA, terdapat pula The European Quality Prize (Hadiah Mutu Eropa) yang diberikan kepada perusahaan-perusahaan yang telah menunjukkan prestasi dalam manajemen mutunya. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penghargaan mutu Eropa terdiri dari 2 bagian[16], yakni:
1)      The European Quality Award, yang diberikan kepada pelamar yang paling berhasil dalam bidang manajemen di Eropa Barat
2)      The European Quality Prize, yang diberikan kepada sejumlah perusahaan lain yang menunjukkan kemampuannya dalam manajemen mutu sesuai dengan kriteria penghargaan.[17]

2.      Kelebihan Europen Quality Management
Mengutip dari Radar and The EFQM Exellence Model[18]adabeberapa kelebihan dalam penerapan European quality management pada sebuah system mutu, terkhusus pada sebuah system penjaminan mutu pendidikan. Diantaranya adalah;
1)      Peningkatan efektivitas biaya; orientasi pada hasil; fokus pada pelanggan; kerja sama; manajemen pengetahuan; performa dan pembelajaran,
2)      Model ini didesain sederhana (mudah dimengerti dan digunakan); holistik (mencakup semua aspek aktivitas dan hasil organisasi); dinamis (menyediakan alat manajemen yang mendukung perbaikan dan berwawasan masa depan); fleksibel (dapat diaplikasikan pada berbagai jenis organisasi dan unit dalam organisasi); dan inovatif.
Selain kelibihan diatas, european quality management pada dasarnya membawa misi baik melalui Euopean Founding for Quality Management untuk mengatasi perbaikan mutu yang pada akhirnya mengutamakan kepuasan pelanggang, kepuasan karyawan, pengetahuan menejemen, dampak tehadap social masyarakat serta mempercepat para manajer menerapkan Total Quality Managemet untuk mencapai keunggulan dalam kompetisi global.[19]
3.      Kriteria European Quality Management
Sebagaimana dilansir dari penelitian yang berjudul “Using The European Model of Quality Management to Assess The Performance of Organizations. Case Study on Educational Services”,[20]mencatat setidaknya ada Sembilan kriteria yang mendasari kemajuan “European Quality Management”. Sembilan kriteria tersebut bisa dilihat dalam gambar di bawah ini;
Gambar 1. European Quality Management, penilaian diri untuk meningkatkan mutu.
Model european quality management didasarkan pada konsep bahwa kepuasan pelanggan / orang dan dampak positif pada masyarakat dicapai melalui kebijakan dan strateg kepemimpinan, manajemen, kemitraan dan sumber daya dan proses.
Dari gambar tersebut, dijelaskan bahwa lima kriteria berikut adalah factor penentu keberhasilanyang perlu dilakukan dalam sistempenjaminan mutu; leadership, menejemen pribadi yang baik, kebijakan dan strategi, sumber daya dan proses yang mengacu pada cara bagaimana memperoleh hasil yang terbaik.
Adapun empat kriteria merupakan sebuah hasil dari factor kelima kriteria di atas. Keempat kriteria tersebut adalah: kepuasan personal, kepuasan pelanggan, dampak terhadap social masyarakat serta hasil dari operasionalnya telah memberikan pencapai terbaik apa belum.
Bisa disimpulkan bahwa kriteria European quality management meliputi;
1)      Kepuasan pelanggan. Persepsi pelanggan eksternal, baik secara langsung maupun tidak langsung, terhadap perusahaan maupun terhadap produk dan layanannya.
2)   Kepuasan karyawan.
3)   Manajemen tenaga kerja. Orang-orang yang ada di dalam manajemen perusahaan dan perasaan mereka terhadap perusahaan.
4)   Hasil bisnis. Prestasi perusahaan dalam kaitannya dengan rencana prestasi bisnis mereka
5)   Proses. Manajemen seluruh kegiatan yang memiliki nilai tambah dalam perusahaan.
6)   Kepemimpinan. Sikap seluruh manajer dalam mentransformasikan perusahaan pada mutu terpadu.
7)   Sumber daya. Pemanfaatan dan pemeliharaan manajemen terhadap: sumber daya finansial, sumber daya informasi, sumber daya teknologi.
8)   Strategi dan kebijakan. Visi, nilai dan arah perusahaan, serta cara untuk mencapainya.
9)   Pengaruh terhadap masyarakat. Persepsi komunitas secara umum terhadap perusahaan. Pandangan pendekatan perusahaan terhadap kehidupan, lingkungan dan kebutuhan pemeliharaan sumber daya global.
Sebagaimana penelitian dari Watson yang berjudul The Application of The European Founding for Quality Management Excelence Model[21]memiliki focus kajian untuk meningkatkan penjaminan mutu. Yakni;
1)      Memberikan penekanan atau kosentrasi penuh pada pelanggan serta pada relasi kemitraan.
2)   Peningkatan nilai visibilitasjaringan, termasuk peran jaringan kemitraan.
3)   Pengelolaan pengetahuan dalam organisasi, budaya pengetahuan organisasi, inovasi berkelanjutan sebagai kunci utama dalam persaingan.
4)   Keselarasan semua aktivitas perusahaan dengan hasil yang dicari dan konsekuensinyauntuk kebijakan dan strategi organisasi.
Hillman juga mengemukakan bahwa european quality management disediakan untuk menguji kerangka kerja, dasar yang diterima untuk evaluasi dan sarana untuk memfasilitasi koreksi baik secara internal maupun eksternal.[22]

Berikut ini adalah gambaran model european quality management dalam sector pendidikan;
Gambar 2. Case Study Deployment Proses







C.    KESIMPULAN
Setelah melalui pembahasan di atas, baik yang bersifat teoritik maupun yang bersifat analisis dari berbagai sumber, maka berikut ini perlu kiranya disampaikan kesimpulan dan saran sebagi berikut;
1)      The European Quality Award atau Penghargaan Mutu Eropa diperkenalkan pada tahun Oktober 1991 dalam pertemuan Forum Manajemen Mutu Eropa (EFQM) di Paris.
2)        Kelebihan European Quality Management meliputi Peningkatan efektivitas biaya; orientasi pada hasil; fokus pada pelanggan; kerja sama; manajemen pengetahuan; performa dan pembelajaran. Model ini didesain sederhana (mudah dimengerti dan digunakan); holistik (mencakup semua aspek aktivitas dan hasil organisasi); dinamis (menyediakan alat manajemen yang mendukung perbaikan dan berwawasan masa depan); fleksibel (dapat diaplikasikan pada berbagai jenis organisasi dan unit dalam organisasi); dan inovatif.
3)        Ada sembilan kriteria dalam European Quality Management; kepuasan pelanggan, kepuasan karyawan, manajemen tenaga kerja,hasil bisnis, proses,kepemimpinan, sumber daya, strategi dan kebijakan serta pengaruh terhadap masyarakat.



[1]Timo Lankinen.Basic Education Reform in Filandia; How to Develop The Top Ranked Edcation System. JURNAL FINNISH NATIONAL BOARD OF EDUCATION. September 2010. Toronto Canada
[2] Lihat di dokumen DIREKTORAT JENDERAL PENDIIDKAN DASAR DAN MENENGAH KEMENTRIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN. Pedoman Umum Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menegah. 2016. Jakarta. Hlm. 3
[3] Yudisanto E. Parerungan. Manajemen Mutu Pendidikan Berbasis Pelayanan Prima. Universitas Negeri Manado. Hlm. 1.
[4] Masduki.Pengujian Model TQM European Quality Award (EQA) untuk Beberapa Perusahaan di Indonesia.JURNAL OPTIMUM, Vol 4, No. 1, 2003. Hlm. 83.
[5]Amanat ini tertera dalam Undang-undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Kementrian Pendidikan dan Kebudayan wajib menerapkan penjaminan mutu pendidikan di satuan pendidikan dasar dan menegah
[6] Retno Wulan Damayanti. Quality Award untuk Mengevaluasi Pencapaian Implementasi Manajemen Kualitas Perusahaan dalam Jurnal Perform. Vol. 7, No. 1, 2008. Hlm. 55.
[7] Putu Bagus Aris Wismaya. Pengaruh Sistem Penjaminan Mutu Internal dan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 Terhadap Kinerja Organisasi di Universitas Warmadewa. JURNAL PUBLIC INSPIRATION. Universitas Warmadewa. Hlm. 69
[8]M. Harda, S. K. Kristanti, Nadiah, S.Tsaqqofa, E.P. Okkytania. GUIDELINES QUALITY MANAGEMENT SYSTEM MENCAKUP PRINSIP QM, QA, QC HASIL MODIFIKASI DARI SIX SIGMA, EUROPEAN FOUNDATION FOR QUALITY MANAGEMENT (EFQM) EXCELLENCE MODEL, DAN ISO 9001:2008. JURNAL MANAJEMEN MUTU DAN INDUSTRI PANGAN. No.9 Volume I, Tahun 2011. Hlm.
[9]Arfan Bakhtiar Amalia, dkk., Analisis Perbandingan Penghargaan Kualitas Malcolm Baldrige National Quality Award dengan European Quality Award, h. 136-137.Unlike other awards, the European Quality Award is a regional program that currently involves 16 countries. Lihat: Robert J. Vokurka, Gary L. Stading and Jason Brazeal, A Comparative Analysis of National and Regional Quality Awards dalam Quality Progress, August 2000, h. 43.
[10]Edward Sallis, Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan (Jogjakarta: Penerbit IRCiSoD, 2011), Cet. 2, h. 148.“The European Foundation for Quality Management (EFQM) was founded by 14of the leading Western European businesses in 1988 when many of the major companies in Europe had realized that their only way of surviving in business was to pay much greater attention to quality. In recognition of achievement as a feature of the policy of the EFQM, the European Quality Award (EQA) was established in 1991 with the support of the European Organization for Quality (EOQ) and the European Commission (EC)”. Lihat: G.A. Bohoris, A Comparative Assessment of Some Major Quality Awards dalam International Journal of Quality & Reliability Management, Vol. 12 No. 9, 1995, © MCB University Press, 0265-671X, h. 32.
[11]Eddy Herjanto, Manajemen Operasi (Jakarta: Grasindo, 2007), h. 417.“The aim of the EQA is to enhance the position of Western European companies in the world market by accelerating the acceptance of quality as a strategy for global competitive advantage and by stimulating and assisting the development of quality improvement activities”. Lihat: G.A. Bohoris, A Comparative Assessment of Some Major Quality Awards, h. 32.
[12]M. N. Nasution, Manajemen Mutu Terpadu (Jakarta: Penerbit Ghalia Indonesia, 2001), h. 250.
[13]Husaini Usman, Manajemen; Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan (Jakarta: Bumi Aksara, 2008), h. 509.
[14]Edward Sallis, Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan, h. 149.
[15]Eddy Herjanto, Manajemen Operasi (Jakarta: Grasindo, 2007), h. 417.
[16]The EQA has two levels. The highest level is the EQA for the most accomplished applicant in a given year. The second level given is the European Quality Prize for other firms that meet the award criteria. Lihat S. Thomas Foster, Managing Quality; Integrating the Supply Chain 3rd Edition (United States of America: Pearson Education, 2007), h. 90.“The European Quality Award has two categories: the European Quality Prize(EQP), which is awarded to companies which demonstrate excellence in the management of quality as their fundamental process for continuous improvement; and the EQA which is awarded to the most successful exponent of TQM in Western Europe”. Lihat: G.A. Bohoris, A Comparative Assessment of Some Major Quality Awards, h. 32.
[17]Eddy Herjanto.Manajemen Operasi. 2007. Jakarta: Grasindo. Hlm. 417.
[18]Radar and The EFQM Exellence ModelEuropean Foundation for Quality Management. Radar and The EFQM Exellence Model. 1999.EFQM Press Release & Announcements. www.efqm.org
[19] European Foundation for Quality Management (2000a). History of the EFQM. [accessed 12
June 2000] at URL:www.efqm.org/history/htm.
[20] Marian Ioncica. Using The European Model of Quality Management to Assess The Performance of Organizations. Case Study on Educational Services. JURNAL AMFITEATRU ECONOMIC. Vol. XI. No. 26. June 2009. The Bucharest Academy of Economics Studies Romania. Hlm. 404
[21] Paul Watson and Richard Davis. The Application of The European Founding for Quality Management Excelence Model. Association of Researchers in Construction Management, Vol. 2. September 2002. University of Northumbria. Hlm. 558
[22]Hillman, G P. Making Self-assessment Success. 1994. Total Quality Management, Vol 6. Hlm. 29

No comments:

Post a Comment